Selamat datang di areatangsel.Com

HUTAN KOTA 2 BSD CITY

Kamis, 25 Juni 20150 komentar







Hutan Kota 2 BSD City dahulunya merupakan Taman Kota 2. Tempat tersebut terletak di Jalan Tekno Widya, Taman Tekno, Buaran. Dibandingkan taman, ruang hijau tersebut lebih tepat disebut hutan buatan. Karena itulah masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan nama Hutan Kota atau Kebun Raya.

Hutan Kota 2 BSD City pertama kali dibuka tahun 2006. Ruang terbuka hijau tersebut dirasa perlu karena kawasan Taman Tekno merupakan daerah industri. Hutan Kota 2 memiliki lahan yang cukup luas dibandingkan Taman Kota 1, yaitu sembilan hektar. Di dalamnya juga terdapat danau buatan seluas dua hektar. Ada pula mini water flow, yaitu air terjun buatan setinggi satu meter.

Saat berkunjung ke Hutan Kota 2 BSD City, Anda bisa menjumpai 7.000 batang pohon. Selain sebagai taman kota, hutan buatan tersebut memang difungsikan sebagai laboratorium alam khususnya bidang botani. Jenis pohon yang tumbuh di ruang hijau itu sangat beragam, meliputi pohon waru gunung, namnam hutan, keben, pulai, nyamplung, beringin sabre, meranti, sawo, durian, flamboyan, saraca, dan sebagainya.

Saat ini tempat tersebut tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota. Banyak masyarakat yang memanfaatkannya sebagai ruang rekreasi dan olahraga. Untuk mendukung fungsi tersebut, pemerintah Kota Tangerang Selatan sengaja membangun pedestrian dan beberapa fasilitas lain. Kontur tanah yang tidak rata juga mendukung aktivitas jogging. Bila lelah usai berolahraga, pengunjung dapat beristirahat di gazebo, bangku taman, maupun tree house yang tersedia.

Hutan Kota 2 BSD City memiliki ikon yang berupa jembatan berwarna merah. Jembatan tersebut membentang di atas anak Sungai Cisadane yang mengalir di area hutan buatan. Meski tidak terlalu lebar, jembatan berwarna merah itu merupakan tempat favorit dan dianggap romantis. Karena itulah pengunjung sering menyebut jembatan itu dengan nama Jembatan Merah Cinta. Hutan Kota 2 juga juga dilengkapi bursa tanaman hias.

Bila menyaksikan secara langsung keteduhan Hutan Kota 2 BSD City, Anda bisa datang ke Kota Tangerang Selatan. Ruang terbuka hijau tersebut mudah dikunjungi dengan kereta komuter maupun ekonomi. Anda dapat mengakses kendaraan umum itu di Stasiun Tanah Abang, Manggarai, atau Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Serpong. Dari sana Anda tinggal berjalan kaki selama enam menit menuju hutan kota.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : klikgw
Copyright © 2012. Area Tangsel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by ari_chombat
Proudly powered by Blogger